Header Ads

Tips Berkendara Motor yang Aman


Keselamatan tetap nomor satu bagi yang berkendara maupun pejalan kaki, bagi anda yang sering bepergian dengan sepeda motor jangan sekali - sekali menyepelekan hal sekecil apapun. Rawatlah motor anda seperti merawat anak sendiri karna apabila ada yang tidak beres dengan motor anda maka keselamatan anda pun dalam bahaya. Disini saya akan menuliskan beberapa tips keselamatan dalam berkendara sepeda motor, mungkin bisa membantu anda dalam perjalanan.

 1. Periksalah Kondisi Motor

Sebelum anda melakukan perjalanan jauh ataupun dekat tidak ada salahnya anda periksa kondisi motor anda. Mungkin ada beberapa masalah, periksalah sedetail mungkin barangkali ada beberapa problem yang nantinya akan mengganggu perjalanan anda. Jangan lupa periksa keadaan bahan bakar agar nantinya tidak habis di tengah jalan. Beberapa bulan sekali servis berkala di bengkel kesayangan anda.

2. Selalu Menggunakan Helm

Demi keselamatan gunakanlah jenis helm yang sudah berlogo SNI. Jauh maupun dekat demi keselamatan pergunakanlah helm. Ada beberapa fungsi dari helm yaitu : yang pertama untuk melindungi mata anda dari debu, yang kedua melindungi kepala anda dari panasnya sinar matahari, dan yang terpenting adalah melindungi kepala anda dari benturan yang keras.

3. Mematuhi Rambu - Rambu Lalu Lintas

Kalau dilihat di buku polantas sebenarnya banyak sekali rambu - rambu lalu lintas di jalan namun dari beberapa yang ada anda tidak perlu menghapal semua yang terpenting adalah anda dapat mentaati rambu - rambu lalu lintas di jalan. Untuk tanda rambu - rambu mungkin sudah ada tulisannya juga jadi bisa tahu. Sering ka
li ada orang yang tidak mempatuhi rambu - rampu lalu lintas contohnya saja rambu - rambu lampu. Sudah tahu lampu merah masih aja jalan terus, harusnya kan berhenti. Hal seperti itu dapat menimbulkan kecelakaan lalu - lintas.

4. Alon - Alon asal Kelako

Saat memacu kendaraan jangan lupa kontrol kecepatan, perhatikan kondisi dan situasi jalan setempat apakah cocok apabila anda melaju dengan kecepatan sekian kilometer/detik. Disini anda harus belajar memperhitungkan kecepatan, situasi, kondisi, dan waktu. Dalam segi kecepatan bisa di lihat dari situasi jalan apakah sedang ramai atau tidak dan bisa juga dari segi kondisi jalan. Apabila kondisi jalannya bolong - bolong lebih baik pelan saja dan tentunya waktu. Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar anda bisa tepat waktu di tempat tujuan. Itu juga perlu di perhatikan.

5. Selalu Membawa STNK dan SIM + KTP

Apabila anda tidak ingin di tilang sama Pak POLISI jangan lupa selalu bawa membawa yang ini, kenapa? Karna pak Polisi biasanya suka mengadakan rajia gabungan di jalan. Saat anda tidak membawa perlengkapan siap - siap saja untuk di kasih hadiah surat tilang sama Pak Polisi


Sumber Gambar = Otomotif