Header Ads

Belajar Menghargai Orang Lain

Apa yang mereka lakukan belum tentu kita dapat melakukannya kalau hanya dengan melihat dan menilai mungkin saja kita sendiri dapat memberikan nilai berapa, dari angka satu sampai dengan sepuluh berapakah angka yang akan anda berikan? Untuk memberikan suatu nilai tetunya gampang saja, apabila tidak sesuai dengan keinginan bisa saja kan anda memberikan angka 5 dan apabila memuaskan anda juga bisa memberikan angka yang setimpal karna sudah memenuhi kriteria yang anda inginkan dan anda tanpa ragu memberikan nilai 9. Bagi saya pribadi menilai seseorang itu lebih sulit dibandingkan dengan menilai suatu kertas ujian, kenapa? Sudah jelas kan dari beberapa soal yang tersedia di kertas ujian berapa nomor yang nantinya bisa anda jawab. Hasilnya pun sudah mutlak misalkan ada 10 pertanyaan dan anda hanya bisa menjawab 7 pertanyaan sudah pasti kan nilai yang akan keluar itu berapa. Mana mungkin dari 10 pertanyaan hanya bisa menjawab 7 berubah menjadi 5. Apabi
la itu terjadi mungkin ada beberapa faktor kesalahan entah itu dalam pemeriksaan atau dari pertimbangan jawaban anda yang mungkin kurang memuaskan (pertinjauan kembali).

Akan terasa berbeda ketika anda dihadapkan dengan sesuatu yang mungkin anda sendiri akan sulit untuk menentukan penilaian. Misalnya saja ketika anda dihadapkan dengan suatu pilihan, ada 2 wanita yang sangat mencintai anda (ini misalkan) kedua wanita tersebut sangatlah berbeda yang satu parasnya biasa saja namun memiliki cinta yang tulus dan yang satunya lagi parasnya cantik namun memiliki niat yang buruk terhadap anda. Ketika wanita yang parasnya cantik ini bisa memiliki anda dia ingin memperalat anda dan menguasai harta anda namun berbeda dengan wanita yang parasnya biasa saja. Dia memiliki cinta yang tulus kepada anda.

Sebagai lelaki yang normal pasti anda akan memilih yang cantik tanpa bisa menilai niat apa yang sebenrnya akan dia lakukan apabila sudah menjadi kekasihnya. Terus bagaimana dengan nasib dan perasaan wanita yang parsanya yang biasa saja. Anda sudah menentukan siapa yang anda pilih dan akhirnya jatuh kepada wanita yang parasnya cantik. Lalu bagaimana sikap anda terhadap wanita yang parasnya biasa saja? apakah anda akan bilang " Kamu biasa saja, saya tidak cinta sama kamu karna ada yang lebih cantik dari kamu" terus bagaimana dengan perasaannya?

Sebagai lelaki yang bisa menghargai perasaan orang lain tentunya anda tidak akan melontarkan kata - kata seperti diatas. Luka perasaan akan lama hilangnya ketimbang dengan luka irisan pisau. Apapun itu kita sebagai manusia yang punya perasaan cobalah untuk menghargai orang lain.

Indahnya hidup ini. . . . . .
Bila kita semua bisa. . . . .
Saling menghormati &. . . .
Saling menghargai satu sama lainnya

4 comments:

  1. Hmmm kalau saya memang menilai seseorang itu selalu baik...
    Intinya saya selalu menghargai orang lain he he he :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe baiknya begitu mbk,,, makasih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. Seharusnya memang begitu. wajib menghargai orang lain

    ReplyDelete
  3. betul bgt bro, hrs sling menghargai dg yg lain,, nice artikel :D

    ReplyDelete