Header Ads

Tips Untuk Menarik Lebih Banyak Pengunjung dan Berkomentar di Blog

Sebelumnya disini saya akan bercerita tentang pengalaman saya di dunia blogging, jujur saja saya terjun di dunia blogging ini sudah begitu lama dimulai sejak 2009 waktu saya masuk di sekolah menengah kejuruan. Waktu itu saya dipaksa untuk membuat blog oleh guru mata pelajaran dan blog tersebut haruslah diisi dengan tugas - tugas yang beliau berikan kepada siswanya. Yang saya tahu waktu itu hanyalah mengerjakan tugas dan tugas saya selesai, mendapatkan nilai bagus dan hasil raport yang memuaskan tak pernah berpikir apa si gunanya blog itu, hal apa saja si yang bisa kita lakukan dengan menggunakan blog, ada gunanya gak si blog itu. Mungkin pemikiran saya waktu itu tidak luas yang terpikirkan hanyalah mengisi blog saya dengan tugas - tugas yang guru berikan. Tak ada satupun orang yang berkunjung ke blog yang sudah saya kelola ini, semua artikel yang ada didalamnya hanyalah sekumpulan tugas, komentar pun tidak ada. Kegiatan untuk mulai serius di dunia blogging akhirnya muncul di akhir tahun 2011 disitu saya mulai tertarik untuk menggeluti aktivitas blogging lagi dan penampilan blog saya pun sudah di perhitungkan, berbagai buku blog sudah saya beli dan salah satunya adalah buku karangan Medhy Aginta, beliau ini sudah menerbitkan 2 buku dan diantara dua buku itu saya sudah membelinya dan beliau juga yang memiliki Blog Blogguebo.com. Setelah saya membaca buku dari beliau banyak ilmu yang saya dapatkan.

Salah satu ilmu yang saya dapatkan dari beliau adalah tips untuk menarik lebih banyak pengunjung dan berkomentar di blog. Tiap harinya saya lihat blog saya selalu sepi di setiap artikel yang saya pasang tak ada satupun orang yang menuliskan komentarnya dibawah postingan saya. Jelas saja tak ada wong saya jarang berkomentar di blog lain setelah saya mengikuti saran dari mas Medhy Aginta kini blog saya sudah ada yang berkomentar.  Salah satu tips yang beliau tulis di bukunya adalah sebagai berikut :
  • Doronglah pembaca untuk berkomentar di blog kita
Jika kita selalu berkomentar di blog lain maka blog yang kita miliki juga pasti akan mendapatkan komentar, apabila kita ingin di komentari berkomentar lah dulu, hukum ini berlaku di dunia blogging. Biasakanlah berkomentar dengan baik dan pergunakanlah bahasa yang sopan dan saat kita berkomentar mintalah untuk membalas kunjungan kita dan berkomentar di blog kita
  • Permudah cara untuk memberikan komentar di setiap artikel yang kita post
Saya cuman berbagi cerita ketika saya mengunjungi blog seseorang dan setelah saya lihat blognya sangat bagus saya mengagumi dari setiap tulisan yang ia post di blog rasa ingin menuliskan sebuak komentar di bagian post yang ia pasang di blognya muncul. Ketika saya menuliskan sebuah komentar yang baik dan beranjak untuk saling berkenalan dan bergai tips, di bagian kotak komentar saya disulitkan dengan adanya kode captcha dan disitu saya terpaksa menuliskan kode yang sulit saya baca dan di tambah lagi dengan moderasi komentar. Alangkah lebih baik apabila kita menghilangkan semua itu dan permudahkanlah orang untuk memberikan komentar di blog kita.
  • Membalas komentar pembaca di blog kita
Setelah kita cape - cape munulis di blog kita dengan berbagai pemikiran sayang kan kalo artikel kita tidak ada yang berkomentar dan ketika ada seseorang yang mengunjungi blog kita dan menyediakan waktunya untuk memberikan komentar harusnya kita senang dong bahwa artikel yang barusan kita post sudah ada yang mengomentari. Ketika pembaca blog kita memberikan komentar alangkah baiknya kita membalasnya, balaslah dengan komentar yang baik meskipun pembaca memberikan komentar berupa keritikan kita harus menghargai dan balaslah dengan sopan. Tentunya keritikan itu adalah bahan untuk kita agar lebih maju lagi, membalas komentar juga menjadi salah satu cara untuk menghargai pembaca blog setia kita.
  • Menulislah dengan santun
Ini salah satu tips yang beliau tulis di dalam bukunya, ini ada kaitannya dengan tulisan yang kita pakai saat post di blog. Jika di setiap artikel blog yang kita post menggunakan bahasa yang baik dan santun pembaca blog akan tertarik untuk membacanya dan yang pastinya akan memberikan komentarnya.
  • Budidayakan berkomentar yang positif
Ada pepatah yang mengatakan, Apabila kita ingin di hargai sama orang lain, Hargailah orang terlebih dahulu. Hukum ini ternyata berlaku juga di dunia blogging. Jika kita terbiasa berkomentar dengan baik dan santun maka itu pula yang akan kita terima. Biasakanlan berkomentar yang baik dan santun agar budaya itu juga yang kita terima dari pembaca blog yang setia berkomentar di blog kita.
  • Berkomentarlah di blog lain
Apabila blog kita ingin banyak komentarnya hendaknya berkomentarlah dulu di blog lain, apabila kita memiliki waktu yang kosong pergunakanlah waktu tersebut dengan berkomentar yang positif di blog lain, kita bisa menarik lebih banyak komentar di blog kita dengan terlebih dahulu berkomentar di blog lain.

Diatas adalah sebagian tips yang saya baca dari buku yang sudah di terbitkan oleh Medhy Aginta, tips ini sudah saya jalankan dan alhasil tips ini sangatlah membantu. Sekarang sudah ada yang mau berkomentar di blog saya malah jumlah komentar terbanyak saat ini sudah mencapai 22 semoga di hari - hari selanjutnya semakin meningkat.
Images = Source