Header Ads

Cara Membuat Kotak Berlangganan Email Menggunakan Feedburner

Sebelum kita memasang kotak berlangganan email tentunya kita harus tahu dulu apa si fungsi dan maksud kita memasang kotak berlangganan email di blog :). Bukan hanya untuk menambah penampilan blog menjadi bagus :) namun di balik semua itu ada juga fungsi dari sebuah kotak berlangganan email. Lebih populernya dan sering di kenal di dunia blogger dengan sebutan Subscribers yang dimana orang - orang yang berlangganan dengan blog kita. Karena mereka berlangganan dengan blog kita maka, Subscribers akan tahu ketika blog kita update dengan artikel atau postingan terbaru. Blog dengan jumlah Subscribers yang sangat tinggi, mencerminkan bahwa blog tersebut memiliki daya tarik dan memberikan informasi bagi setiap orang yang berlangganan. Untuk itu disini saya akan menggunakan jasa Feedburner sebagai jasa untuk menampilkan berapa banyak yang sudah berlangganan terhadap blog kita, apakah blog yang sudah kita kelola ini sudah mempunyai nilai yang tinggi atau tidak. Ini semua tergantung dengan nilai artikel yang kita posting.

Karna Feedburner ini  sudah disediakan oleh Google maka bagi yang sudah memiliki akun google tidak perlu lagi mendaftar dari pertama, selanjutnya kita hanya perlu pergi ke alamat Feedburner dan bisa langsung login dengan akun google yang kita miliki sebelumnya. Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat kotak berlangganan email dengan menggunakan feedburner. Feed adalah sebuah format data yang menunjukan postingan atau artikel - artikel yang sudah kita posting secara rutin, feed secara otomatis akan memunculkan di setiap artikel yang kita terbitkan. Biasaya blogger juga sudah mempunyai feed yang default atau yang sudah di sediakan adapun blog yang sudah memiliki alamat feed secara default alamatnya seperti ini http://alamatblog.blogspot.com/feeds/posts/default. Contohnya sebagai berikut :




Setelah kita memasukan alamat feed default kita selanjutnya pilih nex untuk melanjutkan ketahap selanjutnya dan feedburner menyediakan alamat baru  yang sudah siap untuk dipakai dan itu alamatnya bisa disesuaikan dengan yang kita inginkan. Bisa kita lihat contohnya di bawah ini :


 

Setelah itu pilih nex, apabila ada kesulitan untuk memberikan nama di bagian feed address biasanya nama feed sudah di pakai oleh orang lain dan kita tinggal memberikan nama yang cocok untuk bagian feed address. Untuk selanjutnya tinggal tekan nex saja.

Setelah berhasil coba test dulu apakah alamat feed yang tadi sudah kita masukan bisa kita panggil di alamat browser apabila sudah terpanggil dan menampilan semua artikel dan postingan yang sudah kita terbitkan. Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah memasang widget feedburner di blog kita, kembali lagi ke feedburner dan pilihlah alamat yang sudah kita buat tadi klik disitu maka akan tampil seperti berikut :



 


Lihatlah contoh gambar di atas, tulisan yang di ceklis adalah bagian dari pemasangan widget Feedburner di blog. Kita tinggal memasang java scrivt nya di bagian widget nya adapun feed secara otomatis akan memasang widgetnya ke blog kita. Disini kita sudah menyelesaikan bagaimana cara membuat alamat feed dan skaligus membuat kotak berlangganan email melalui feedburner. Biasanya kotak bawaan dari feedburner bentuknya biasa saja namun apabila kita ingin memodifikasinya bisa di lihat di halaman berikut, Cara Memodifikasi Kotak Berlangganan Feedburner.

Selamat mencoba, semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat. :)