Cara Mudah Mengganti Template di Blogger

Shering sedikit bagi teman - teman yang masih susah untuk mengganti tampilan atau template di blog disini aku akan share bagaimana cara mengganti atau merubah tampilan di blogger :). Apabila kita seorang pemula di dunia blogger mungkin masih awam bagi kita betapa pentingnya suatu template untuk blog kita. Template ini akan merubah seluruh penampilan blog yang kita miliki, semakin bagus tampilan blog yang kita miliki semakin tertariklah para pengunjung untuk kembali dan terus kembali mengunjungi blog yang kita miliki dan yang pastinya mereka menunggu postingan terbaru yang sudah kita terbitkan :). Mungkin diluar sana ada sebagian orang yang menyepelekan, namun bagi saya penampilan blog itu lebih penting. Coba bayangkan ketika pengunjung blog kita datang dan melihat blog yang kita miliki hal apa yang pertama mereka lihat? Yap betul sekali, hal yang membuat mereka tertarik adalah penampilan dari blog yang kita miliki :). Apabila kita memiliki blog dengan desain atau tema yang sangat bagus para pengunjung akan disuguhi oleh keindahan blog kita mereka tidak akan cepat - cepat pergi meninggalkan blog kita. 

Bagi teman - teman yang susah mendapatkan template yang bagus dan gratis disini saya akan membantu untuk menemukan template yang bagus dan yang tentunya gratis. Teman teman bisa menemukan template tersebut di Btemplates, Blogskins, Finalsense, masih banyak lagi situs - situs yang lainnya yang menyediakan jasa template gratis namun aku sering menggunakan alamat yang di atas. Awal pertama kita membuat blogger biasanya kita bisa memilih template dasar yang sudah disediakan oleh blogger. Bagi kita yang ingin mengganti template dasar dengan template sesuai yang kita inginkan, teman - teman bisa memilih penyediaan template mana yang menurut teman - teman sukai dari yang aku tuliskan di atas.
Mulai saja, aku akan mencontohkan download template di Btemplates, caranya sangat mudah kita bisa memilih template sesuai dengan tampilan yang kita inginkan. 
Setelah kita melakukan aktivitas download biasanya template di buka di file rar bagi teman - teman jangan lupa instal terlebih dahulu win rar nya untuk mempermudah membuka template yang kita download. Double kik di file rar atau dibagian template yang sudah kita download.



Kita bisa melihat gambar di atas setelah kita buka rar nya maka akan muncul tamlina seperti berikut, setelah itu kita cari file yang bertuliskan XML, file XML ini adalah bagian dari template klik kanan pada bagian tersebut dan Pilih --> View File untuk melihat semua kode XML. Setelah semuanya terlihat copy semua kode tersebut dan mulai mengganti template di blog.
Untuk memulainya kita bisa login terlebih dahulu setelah itu pilih bagian template untuk mengganti tampilan blog kita dengan tampilan yang baru. 


Untuk mengganti semua isi template kita bisa memilih edit HTML dan ganti semua kode XML yang ada di blog kita dengan XML yang barusan kita download tadi. Setelah itu maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Ceklis kotak yang tulisannya aku blok, ini maksudnya agar widget yang sudah terpasang di blog tidak ikut terhapus dengan tampilan blog yang baru. Delete semua kode XML nya dan ganti dengan kode XML yang barusan kita download. Selanjutnya simpan template. Mudah kan mengganti template di blog semoga bermanfaat. :) :)

Get free daily email updates!

Follow us!




22 Responses to "Cara Mudah Mengganti Template di Blogger"

  1. liatin don hasilya bukan caranya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum mendapatkan hasil yang lebih baik alangkah baiknya kita mengetahui langkah dasarnya dulu mas :)
      Makasih atas kunjungannya yah :p

      Delete
  2. terima kasih mas

    Kunjungi juga blog saya gameofflinesite.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. bermanfaat sekali infonya bagi saya, trimakasih mas

    ReplyDelete
  4. saya senang mengunjungi blog ini, terutama artikelnya yang slalu menarik..

    ReplyDelete
  5. oh..jadi gtu ya mas caranya, saya coba ya...

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Makasih udah mau mapir dan menyempatkan berkomentar ya gan :)

      Delete
  7. expand template widgetnya di centang ?

    ReplyDelete
  8. wah mas makasih ya udah mau berbagi ilmunya,,,,,

    ReplyDelete
  9. kalau saya pusing ngedit htmlya mas, mau di sesuaikan dengan keinginan saya :D

    ReplyDelete

Followers

Popular Posts