Mengenal dan Mengetahui Tata Letak di Blogger

Sebelum kita membuat dan mengedit template Blogger alangkah baiknya kita mengetahui dan mengenal bagian apa saja yang ada di Blogger. Blog biasanya memiliki tiga bagian di dalamnya seperti tampak pada gambar di bawah ini, salah satu tampilan dari blog yang saya punya.

  •  Header Blog.
Header blog dalam istilah blogger adalah sebagai kepala blogger, header dalam blogger biasanya dinamakan sebagai #header-wrapper. Pada bagian header ini berisikan tentan judul blog yang akan kita isi sesuai dengan tema atau isi blog kita biasanya blogger - blogger yang kreatif pada bagian header ini bisa di isikan dengan gambar - gambar yang menarik atau dengan kata - kata yang dapat menraik pengunjung untuk terus berkunjung ke blog kita. Header bisa mewakili seluruh tema blog yang kita miliki dan sebisa mungkin buatlah bagian header ini semenarik mungkin agar bisa menarik para pengunjung setia blog kita untuk selalu setia berkunjung dan membaca setiap tulisan yang kita postkan. Google juga akan mengindex halaman blog kite sesuai dengan judul yang kita pasang di blog kita atau deskripsi yang tercantum di blog kita. Buatlah judul blog kita semenarik mungkin dan berbeda dengan yang lainnya, semakin pas judul blog yang kita pasang di blog kita maka akan semakin besar halaman blog yang kita miliki akan tampil di halaman pertama Google.
  •  Content Blogger
Bagian ini biasanya menggunakan istilah #content-wrapper atau #outer-wrapper. Pada bagian content blogger berisi dua bagian lagi yaitu :
  1. Post blog, bagian ini adalah tempat dimana bagian postingan yang telah kita post kan dan berisikan berbagai postingan terbaru blog kita. Tempat untuk mengatur lebar halaman psotingan kita namun untuk dapat mengeditnya kita harus masuk ke editing template dan merubah kode - kode html nya istilah ini biasanya dikenal sebagai #main-wrapper. Pada bagian ini juga sangatlah sensitif untuk bisa terindex oleh google kalau bisa kita membuat postingan suatu blog dengan judul yang pas dan mudah untuk terindex oleh Google.
  2. Sidebar blog, bagian ini beisikan profil blog kita atau tempat - tempat dimana kita bisa menambahkan beberapa widget yang akan kita pasang di blog kita, biasanya sidebar berada di sisi kanan atau di sisi kiri dan ada juga yang ke dua - dua nya ada. Dalam istilah blogger sidebar dikenal sebagai #sidebar-wrapper. Bagian sidebar ini dapat membuat blog kita menjadi indah caranya dengan memasang widget - widget yang menarik atau hanya memasang berbagai animasi dan mungkin memasang widget yang berbentuk java-script. Biasanya blog sudah menyediakan beberapa widget yang bisa kita pasang di bagian sidebar ini contohnya : Kalender, Populer Post, Profil dan masih banyak yang lainnya.
  • Footer Blog
Bagian ini adalah bagian kaki blog biasanya bagia ini menjelaskan bagian dari penjelasan dan hak cipta atau nama pembuat blog karna posisinya berada di bawah, footer blog jarang untuk dimodifikasikan sehingga jarang menjadi perhatian pembaca. Tapi apa salahnya apabila kita menjadikan halaman ini sebagai halaman untuk berbagai fungsi. Apabila kita download template dan dibawah footer blog blog adalah nama orang yang membuat templater tersebut, maka kita bisa mengganti nama tersebut dengan nama kita atau di bagian ini kita bisa mengisikan beberapa link.


Aturlah tampilan blog kita sesuai dengan kata hati kita, manakah yang pantas dan menurut kita itu cocok dan terlihat sangat indah apabila di tampilkan di blog kita. Semoga artikel ini bermanfaat.
Share:

11 comments:

  1. ini hal yang paling mendasar dalam mengutak utik template blogger.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas ini yang paling dasar nya sebelum mengenal lebih jauh tentang template blog :)
      Terimakasih atas kunjungannya :)

      Delete
  2. Replies
    1. Teh lyan trimakasih yah atas kunjungannya :)

      Delete
  3. terima kasih atas inpormasinya, ya bro

    ReplyDelete
  4. makasih bang informasinya,,
    sebelum saya lebih jauh lagi edit template nya ,,,
    ini dasar-dasarnya y bang...
    http://prastypunya.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. makasih gan sudah mau berbagi. tau juga ane sekarang,,hehe

    ReplyDelete
  6. kalo tata letaknya acak2an..gimana tu gan!..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk tata letak si tergantung sama template blogger yang kita gunakan mas,,, terus untuk penambahan widget bisa dilakukan sendiri

      Delete
  7. sobat ku udah followyou ne...... kutunggu fullbacknya ya... terimaksih..

    ReplyDelete
  8. dengan mengenal tata letak blogger akan membantu para blogger pemula dan terima kasih informasinya gan

    ReplyDelete