Dari Mana Datangnya Inspirasi Menulis

Maunya sih rajin posting di blog namun bahan untuk mengisi postingannya terkadang suka bleng. Apa yang mau di tulis juga suka tidak tahu maklum masih dalam tahap pembelajaran untuk jadi seorang penulis. Mesti udah lama ngeblog dari tahun 2009 namun sampai saat ini dalam tahap menulis masih suka berpikir lama. Contohnya saja andaikan sebuah judul posting sudak ketemu namun untuk mengisi kolom postingan suka bingung, kalimat apa yang harus saya tulis, kata - kata apa yang seharusnya cocok dalam sebuah rangkaian kalimat.

Sekarang sudah memasuki semester 4 kebetulan ada mata kuliah Bahasa Indonesia dimana didalamnya diajarkan tentang kalimat baku dan tidak baku mungkin ada sedikit pencerahan untuk saya dalam melanjutkan proses belajar menulis. Dari beberapa artikel yang saya buat di blog ini kebanyakan tentang cerita keseharian dan pengalaman pribadi karna untuk segi penulisan tidak perlu memakan waktu yang banyak. Karna menceritakan sebuah kejadian yang benar adanya jadi alur ceritanya bisa terangkai dengan begitu saja. Berbeda ketika saya membuat sebuah cerpen yang bentuknya fiksi, butuh imajinasi yang luas dan alur ceritanya harus menyambung dari awal sampai akhir.

Dalam hal membuat cerita fiksi mungkin membutuhkan sedikit tenaga untuk berpikir, berimajinasi, berhalusinasi tentang kejadian yang kita karang sendiri. Waktu itu pernah nulis cerita, namun cerita tersebut pernah tanyang di salah satu FTV selanjutnya saya tulis ulang di blog. Karna mungkin sebelumnya sudah di lihat dan di ingat - ingat  jadi postingannya bisa terselesaikan namun tetap saja dalam penyusunannya masih membutuhkan waktu yang lama. Kayaknya kurang berbakat dalam menulis cerita Fiksi he he he he he.

Bukan hanya cerita pribadi dan cerita fiksi yang pernah aku tulis namun sebuah puisi juga. Untuk puisi ini biasanya inspirasinya datang dari sebuah judul atau lirik lagu yang sata dengar. Ketika sedah santai, ketika sedang rebahan di kasur sambil mendengarkan musik yang melow yang sedih yang rock tanpa sadar saya suka mengikuti lirik lagu yang sudah di putar. Nah dari situlah inspirasi bisa didapat.

Teman - teman sendiri inspirasi menulis bisa datang dari mana saja ?


Sumber gambar : Inspirasiyang menggerakkan ummat manusia dimanapun

Share:

6 comments:

  1. paling banyak dari membaca, baik itu majalah atau koran, juga dari media digital

    ReplyDelete
  2. Kalo aku dari blogwalking, Bang.. Biasanya sih suka sinkron sama pengalaman ku atau pengalaman orang-orang terdekat ku. Heheh.. Tapi kadang-kadang dari kejadian sehari-hari sih

    ReplyDelete
  3. Inspirasi bisa datang dari mana saja dan dr siapa saja. Klo aku sih biasanya dr hal2 kecil yg aku alami sehari2 :)

    ReplyDelete
  4. mantab ni posting, lanjutkan ya kak ?

    oh iya, kunjungi balik blog sederhanaku ya ?

    ReplyDelete
  5. saya biasa nya dapat inspirasi menulis dari blogwalking mas lumayan bisa nulis artikel jadinya ;)

    ReplyDelete
  6. biasanya aku kalo posting blog itu apa yg aku lihat apa yang aku rasa kadang juga pengalaman2 yg belum aku ceritakan atau ikuta giveaway,,,ayo semangat nulis !!! :)

    ReplyDelete